-->

Beternak Ayam Bangkok

Posting Komentar
Waktu jaman saya masih suka berkeliaran di dalam dunia persilatan (ngadu jago) :) he he saya seringkali melihat banyak Ayam jago yang kalah mau pun menang di jadi kan Pacek (bibitan),oleh pemiliknya dan dari hasil anakanya banyak yang tidak sedikit mendapatkan keuntungan dari hasil jual anak ayam bangkok tersebut.dan saya kembali mencoba untuk Beternak Ayam Bangkok untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari hasil jual anakan bangkok, saya mendapatkan bibitan nya dari hasil membeli dari kawan lama yang konon katanya ayamnya selalu menjadi juara di kalang,Untuk memulai usaha Berternak Ayam Bangkok saya mesti tahu dan mencari tahu kepada para master di dunia nyata mau pun dunia maya bagaimana cara mendapatkan bibit an yang baik serta membuat kandang ternak yang baik...
Baiklah inilah hasil googling saya dari tetangga sebelah :)

Hal pertama yang harus saya lakukan adalah membuat kandang dan menempatkannya di posisi yang baik
  • Lokasi kandang harus berjarak sekurang-kurangnya 10 m dari rumah, hal ini penting untuk kesehatan kita.
     
  • Pastikan lokasi kandang adalah tempat yang nyaman, sejuk, dan terhindar dari sinar matahari yang terik.
     
  • Jangan sampai ada genangan air disekitar kandang apabila hujan turun.
    Diusahan dilokasi banyak tumbuh rumput karena ayam sangat suka dengan dedaunan sebagai pengganti sayuran.
     
  • Usahakan arah kandang menghadap sinar matahari, atau dibuat serong menghadap sinar matahari pagi.
     
  • Kandang lebih baik menggunakan bahan yang ringan dan dapat di geser setiap Anda menginginkannya, hal ini juga menjaga kesehatan ayam karena virus penyakit seringkali datang dengan arah angin, diusahan kandang jangan sampai berlawanan dengan arah angin.
    Atap kandang harus baik, supaya pada waktu hujan atap tidak mengalami kebocoran.
    Ketinggian kandang minimal 50 cm di atas permukaan tanah.
     
  • Untuk menjaga ketahanan, kaki kandang sebaiknya memakai alas batu, kaleng bekas yang di cor semen, atau wadah bekas lainnya.
     
  • Kandang harus memiliki fentilasi yang baik supaya ayam mendapatkan udara yang segar.
    Situasi kandang bebas dari debu dan teduh.
     
  • Lakukan penyiraman untuk tanah di area kandang dengan air.
     
  • Bersihkan kandang dari kotoran ayam setiap hari.
     
  • Sediakan lampu di dalam kandang walaupun ayam sudah menginjak dewasa.
     
  • Luas kandang harus sesuai dengan jumlah ayam yang berada di dalam kandang

Perlengkapan , Kandang Ayam Bangkok Mesti Di sesuaikan Dengan Umur Ayam
  •     Setiap petak kandang harus dibuatkan tempat tenggeran ayam, baik untuk anak ayam maupun untuk ayam dewasa, karena ayam merupakan jenis burung yang suka bertengger.
  •     Lantai dasar kandang dibuat berongga agar kotoran ayam jatuh dan kandang tetap bersih, namun lantai yang berongga ini dibuat untuk ayam yang sudah berusia tiga bulan ke atas.
  •     Kandang ayam untuk lancuran, tempat makannya dibuat diluar kandang dengan ketinggian normal 50 cm dan bagian depan kandang diberi kayu ringan agar ayam aman dari gangguan luar. Untuk kandang seperti ini tempat minumnya digantungkan dari dalam dan lebih bsagusnya lagi dibuatkan juga di samping tempat makan.
  •     Untuk kandang lancuranlebih aman menggunakan kayu ring dibagian depannya dan jangan mempergunakan kawat karena akan merusak paruh ayam. Jika mempergunakan jaring tali pada bagian depannya akan membahayakan lancuran jika ada ayam lain yang datang dan bertarung dibalik jaring. Ukuran standar untuk kandang ayam lancuran adalah P.100 cm x L.100 cm x T.80 cm agar ayam bebas bergerak untuk mengepakkan sayapnya.
  •     Kandang untuk anak ayam umur sehari sampai berumur 2 bulan. Ukuran kandang harus agak lebar agar anak ayam bebas bermain. Ukuran kandang sebaiknya: P.120 cm x L.100 cm x T.70 cm untuk 10 ekor anak ayam dan maksimal 15 ekor anak ayam. Untuk kandang anak ayam ini sebaiknya lantai diberikan pasir putih agar kandang tetap kering, dan membuat kaki anak ayam halus tidak luka atau cacat.
  •     Untuk kandang ayam yang baru menetas berikan lampu pijar sebagai pemanas pengganti induknya, dan ukuran lampu yang di pasangnya 60 watt sampai umur anak ayam 2 minggu, setelah itu ganti lampu dengan yang lebih kecil yaitu 40 watt.
  •     Setelah anak ayam berumur satu minggu tempat minum dan makannya mulai digantung setinggi leher anak ayam tersebut, hal ini bertujuan supaya memiliki kuda-kuda kaki yang kokoh dan membentuk body ayam yang sempurna. Hal itu bisa dilakukan berlanjut, semakin tinggi anak ayam maka tempat makan dan minumnya pun di naikkan.

Setelah anda membuat kandang ayam anda dapat mempersiapakan bibitan yang baik dengan cara mendekati para pemain ayam yang sudah mahir dan meminta keterangan dari bentuk fisik, gaya bertarung ayam , serta keturunan ayam bangkok yang unggul,Memang dalam mendapatakan bibit ayam bangkok yang unggul untuk di jadikan pacek (jago bangkok) serta Babon (betina bangkok) tidak sedikit uang yang kita keluarkan untuk mendapatkan bibit unggulan dan berkwalitas.
Tips dari saya cari rekan di daerah anda yang hobi ngadu ayam dan ayam nya selalu unggul sudah mendapatkan nama di kalang sekitar daerah anda tinggal.(mudah mudahan yang bersangkutan mau memberikan bibitan unggul :) )

Saya beranggapan anda sudah memiliki Sepasangan ayam bangkok bibitan untuk itu anda hanya tinggal menjodohkannya saja ,.
Ayam bangkok sangat mudah untuk menjodohkannya dengan cara alami atau dengan cara paksa he he
Dengan cara alami ayam di masukan kandang umbaran yang cukup luas kandangnya kemudian ayam jago akan memikan ayam betina dengan gayanya (nyrinting) salah satu sayam nya di turun kan dan kakinya seperti menari berputar pada betinya setengah lingkaran,ketika betinanya jongkok maka akan segera ayam jantannya menaiki punggung betinanya untuk melakukan perkawinan.

Sedangkan dengan cara paksa ayam betinanya  di pegang oleh pemilik kemudian di jongkokan lalu di angsurkan pada jago (pacek) sampai sang jago selesai menunaikan kewajibannya hehehe... :)

semua cara di atas sudah pernah saya lakukan semua dan kesemuanya sukses berjalan dengan baik :)

Ayam Bangkok betina yang sudah dikawinkan secara alami akan bertelur seminggu kemudian selepas proses perkawinan. Dalam setiap periodenya, setiap indukan ayam akan bertelur sebanyak 20 butir.

Kemudian akan dierami atau ditetaskan memakai mesin selama 21 hari. Setelah menetas, anak ayam Bangkok segera dipindahkan di kandang postal yang dilengkapi pemanas buatan dari lampu yang berfungsi sebagai induk buatan setelah berusia dua hari.

Besaran kandang untuk anak ayam bisa disesuaikan dengan ukuran lahan - kira-kira setinggi 1,5 meter dengan panjang 1 meter dan lebar 0,8 meter sudah cukup bagus. Namun, ukuran ini tidaklah baku.

Persiapan Pakan Anak Ayam Serta Vitaminnya :
1. Ayam usia 1-2 bulan bisa diberi pakan pelet dengan tipe 511.
2. Ayam usia 3-5 bulan bisa diberi pakan pelet yang dicampur dengan bekatul, nasi, dan air (lebih bagus lagi menggunakan air hangat). Tambahan pakan yaitu daun pepaya cincang, keong cincang, dan rayap.
3. Ayam usia 6-7 bulan bisa diberi pakan pelet tipe 512 yang dicampur dengan bekatul, nasi, dan air. Tambahan pakan yaitu daun pepaya cincang, keong cincang, dan rayap.
4. Ayam usia 7-seterusnya bisa diberi pakan beras merah dan penyediaan air minum diharuskan selalu tersedia di kandang. Karena, pada umur 7 bulan ke atas ayam sudah mulai belajar bertarung (sparing), maka diberi suplemen yang diracik dari kuning telor dan madu, daging kambing, dan suplemen lainnya (seperti fatigon, pilkita, dan susu Anlene).

Vitamin Anak Ayam Bangkok
Vitabro dan Vitachick sebetulnya bukan vitamin biasa. Keduan vitamin ayam tersebut tergolong jenis multi-vitamin, dengan kandungan lengkap atau komplit. Vitabro dan vitachick adalah dua contoh vitamin yang praktis untuk vitamin ayam bangkok atau vitamin ayam aduan. Dengan menggunakan multivitamin tersebut maka seluruh kebutuhan akan vitamin ayam bangkok sudah terpenuhi.

Perawatan Anak Ayam Usia Mulai Dari 1 hari sampai 6 bulan :

  •     Pastikan induk ayam yang sedang menggerami telurnya di jaga, begitu juga dengan kebersihan kakinya supaya tidak mengotori telur yang sedang dieraminya.
  •     Pisahkan anak ayam dalam kandang diisolasi dengan dibei lampu penghangat, untuk daerah yang beriklim panas cukup dengan lampu 25 watt dan jika daerahnya dingin berikan lampu 40 watt
  •     Bagi induk ayam yamg sudah menetasakan telurnya sebaiknya segera dimandikan atau biarkan ayam tersebut berenang dalam kolam sampai badannya dingin, hal tersebut dilakukan lebih kurang 3 hari berturut-turut,bila anda mmberikan pakanan yang baik, biasanya ayam tersebut akan siap bertelur lagi.
  •     Pakan yang dijual dipasar sudah memenuhi nilai gizi untuk pertumbuhan ayam akan tetapi akan lebih baik lagi bila anda selingi dengan makan tambahan sebagai penunjang ketangguhan seekor ayam aduan.
  •     Berikan larutan gula aren untuk anak ayam yang berumur satu hari sebagai penambah tenaga dan berikan selama 10 hari berturut-turut.kemudian air minumnya diganti dengan air bersih dan dicampur dengan obat minum untuk anak ayam
  •     Pakan anak ayam Bangkok yang dijual dipasar dengan merek 311, pakannan ini banyak mengandung lemak berikan pada umur 40 hari,setela ah anak ayam berumur 40 hari berikan pakan dengan kode 511 dan dicampur dengan telur itik dengan perbandingan 2 telur itik untuk 10 ekor anak ayam. Pemberian telur ini dilakukan sekali 2 hari sampai anak ayam berumur 2,5 bulan, setelah itu pemberian telur ditingkatkan menjadi 4 butir dan dicampur dengan pakan murni untuk 10 ekor anak ayam, dan diberikan sekali 2 hari sampai anak ayam berumur 5 bulan.
  •     Wadah air minum anak ayam harus selalu diganti setiap harinya, janagan sampai wadah tersebut ditumbuhi lumut atau jentik-jentik nyamuk.
  •     Tempat makan anak ayam harus selalu dibersihkan sebagai modal untuk kesehatan.
  •     Dan yang paling penting adalah membersihkan kandang ayam.
  •     Setelah ayam sudah berumur 5 bulan , anda bisa mencampur pakan dengan nasi dengan perbandingan 50:50 yang diberikan setiap pagi hari.
  •     Usahakan setiap sore hari ayam diberikan gabah atau padi
  •     Setelah anak ayam berumur 5 bulan berikan multivitamin dan vitamin B komplek, dan juga berikan minyak ikan hiu + tablet calcium  seminggu sekali.
  •     Setelah anak ayam berumur 6 bulan,pakan anak ayam diganti dengan gabah atau padi yang direbus sampai mengembang, pemberian diusahakan dalam keadaan dingin. Dan tetap memberikan multivitamin dan vitamin B komplek serta  tablet calcium setiap seminggu sekali

Merawat Ayam Bangkok Dewasa


Karena sifat ayam bangkok yang suka berkelahi maka pada umur 5 bulan,pisahkan ayam dari saudaranya yang lain dan tempatkan pada kandang dengan ukuran 1m x 1m x dan tinggi 1 m dengan tujuaan untuk menghindari patahnya bulu sayap bulu ekor anak ayam.

Pakan Ayam Bangkok Aduan
1.    Beras merah
2.    Gabah
3.    Jagung

Cara melatih ayam siap bertarung
Ayam yang sudah siap bertarung biasanya berumur 7 bulan, hal ini ditandai dengan seluruh bulu sayap dan bulu ekor tumbuh sempurna dan tidak ada lagi bulu-bulu yang muda. Ayam dengan umur dan kondisi seperti ini sudah bisa dilakukan penjemuran dalam kurungan selama 2 jam setiap harinya.

Sebelum dilakukan penjemuran sebaiknya ayam dimandikan terlebih dahulu untuk menurunkan temperature badan ayam setelah itu baru ayam diberi makan dalam kurungan sambil dijemur.
Waktu penjemuran yang baik adalah jam 9 pagi sampai jam 11 siang.

Setelah 10 hari waktu penjemuran ditambah 2 jam lagi yitu jam 9 pagi sampai jam 11 siang. Setelah 10 hari waktu penjemuran ditambah 2 jam lagi yaitu jam 9 pagi sampai jam 13 siang. Tujuan penjemuran ini untuk memperpanjang nafas ayam dan untuk membakar lemak yang menumpuk dibawah kulit dan selama penjemuran ayam tidak diberi air.

Setelah penjemuran selesai ayam diteduhkan dibawah pohon atau tempat yang tidak terkea cahaya matahari selama 15 menit, kemudian ayam diberi air minum.

Untuk menjadikan sebagai seekor ayam petarung yang tangguh ada beberapa hal yang harus diberikan pada ayam agar otot-ototnya kuat dan tahan terhadap pukulan. Ada beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan ayam menjadi petarung yang tangguh:

1.    Berenang
2.    Melatih bertarung dengan ayam untulan
3.    Menyediakan kurungan ganda
4.    Ayam dilatih pakai ayunan
5.    Latih tarung di atas pasir
6.    Latihan beban pada kaki ayam
7.    Latihan dengan palang kayu
8.    Latih tanding

Setelah anda melatih ayam bangkok anda anda dapat mencobakannya untuk di adu ( abar ) cukup dengan 10 menit saja selama dua ronde jangan sampai ayam bangkok anda kalah
,Untuk mengetahui tipe apa ayam anda.

Tipe Tarung Ayam Bangkok 

Tipe Pemukul
Biasanya setiap pertandingan sabung ayam, ayam yang menang kurang dari dua ronde tergolong pada ayam petarung yang baik, akan tetapi kalau ayam dirancang untuk sanggup bertahan hingga 5 ronde maka menu yang harus disiapkan adalah pakan yang kaya akan protein tinggi dan juga pakan yang kaya akan energy. Untuk pakanan ayam bangkok seperti ini cukup dengan formula ransum 5 kg jagung halus + 2 kg dedak atau bekatul + 3 kg konsentrat ayam petelur. Dengan pakanan ini anda bisa menyaksikan jagoan anda mampu bertahan dalam cukup yang lama.

Tipe Jalu 
Tipe ayam ini lebih sering memukul tanpa mematuk, memukul sesering mungkin dalam waktu yang sangat singkat dan factor kecepatan sangat menentukan bagi ayam tipe ini, menu ransum paling tepat adalah yang mengandung protein tinggi dan sedikit lemak, bagi anda yang memiliki ayam tipe ini buatlah formula ransum dengan 2 kg konsentrat ayam petelur + 8 kg bekatul atau dedak, jagung, beras merah, atau gabah.

Tipe Bertahan
Tipe ini di dalam arena adu seringkali membuat ketar ketir pemiliknya karena ayam acap kali sering menerima pukulan dari lawannya dan ayam tipe bertahan hanya sesekali saja memukul tapi biasanya sekali memukul akan mengakibatkan lawanya terluka parah,tehnik bertarung ayam ini biasanya menunggu ayam lawan nya letih baru kemudian dia beraksi untuk itu buat lah ransum yang bisa menguatkan tubuhnya dan daya tahan tubuhnya panjang ,2 kg konsentrat ayam petelur + 3 kg bekatul atau dedak, jagung, beras merah, atau gabah.dan jamu untuk manusia yang biasanya untuk kekuatan otot tubuh

Sumber : Dari Berbagai Sumber





Semoga Postingan Ini Bermanfaat😇

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter