-->

Beternak Burung Kenari

Posting Komentar
Sudah tentu dalam hal berternak kita harus memiliki bibitan untuk di jadikan pasangan yang sejodh kita mesti tahu beberapa hal terutama jenis kelamin.
Untuk menentukan jenis kelamin burung kenari gampang gampang susah memang ,tapi bila anda sudah memiliki burung kenari yang masih anakan kira kira usia 1 bulan anda dapat perhatikan yang mana burung kenari jantan lebih sering ngerol (berbunyi),begitupun sebaliknya burung kenari betina jarang sekali berbunyi.
Dari ukuran tubuh pun dapat kita kesimpulkan kalau burung jantan itu lebih ramping tubuhnya dari pada betina nya
Telur burung kenari jantan lebih lonjong dari pada betina nya yang mana telur burung kenari betina berbentuk bulat.
Yang menjadi permasalahn sekarang adalah bila anda teryata sudah memilik kenari yang sudah dewasa dan siap di kawinkan untuk di ternak.

Untuk itu mari kita baca lebih jelas tentang Jenis kelamin Burung Kenari dari tetangga sebelah :)

  • Untuk membedakan jenis kelamin burung kenari, kita sudah dapat melihatnya saat burung berusia 3 hari atau lebih. Cirinya adalah pembuluh vena di bagian sebelah perut turun menuju dubur. Maka hampir dipastikan burung kenari ini adalah kenari jantan. Karena pembuluh vena tersebut tidak akan tampak pada burung kenari betina. Sebaiknya hal ini segera dilakukan sebelum kenari jantan tersebut tumbuh bulu.
  • Selanjutnya, untuk membedakan kenari jantan dan betina, kita bisa mencari anakan burung kenari yang mampu melompat paling jauh dari yang lainnya, karena jenis kenari jantan lah yang dapat melakukan hal ini. Caranya yaitu dengan menaruh burung kenari tersebut pada handuk dan kita sejajarkan seperti posisi kuda pacu yang ada pada jalur pacuan. Setelah burung kenari melakukan lompatan, bisa kita bedakan mana yang paling jauh dan pendek lompatannya.
  • Cara berikutnya yaitu dengan melihat pusat paling bawah kaki. Pusat kaki yang paling panjang ada 3 telapak kaki yang memiliki panjang yang sama. Kenari jantan memiliki pusat kaki yang panjang dan sulit untuk bergabung dengan kaki yang lain. Sedangkan kenari betina kakinya mudah untuk bergabung, karena ketiga telapak kaki kenari betina memiliki ukuran yang sama panjang.
  • Dari segi badan kenari, kita juga bisa membedakan kenari jantan dan betina. Tepatnya di bagian tulang belakang burung kenari. Kenari jantan di sepanjang tulang belakangnya ada warna yang lebih tegas dan pekat. Sedangkan pada kenari betina, ada warna tegas namun tidak sampai sepanjang tulang belakangnya.
  • Kenari juga dapat dibedakan dengan melihat bentuk kepala kenari sebelum tumbuh bulu. Bentuk kepala kenari jantan terlihat lebih datar dan pipih, sedangkan kepala kenari betina lebih bulat. Saat memasuki usia 6 atau 7 hari, anak anak kenari akan mulai membuka mata. Kenari jantan saat membuka mata, maka mata tersebut akan sejajar dengan paruhnya. Untuk kenari betina, letak mata tidak sejajar atau diatas paruh. Hal inilah yang membuat kepalanya terlihat lebih bundar.
Kelamin burung kenari dapat kita perhatikan juga melalui duburnya ,perhatikan gambar di bawah ini

Bila anda sudah tahu jenis kelamin burung kenari anda akan menghadapi masalah baru yaitu belum tentunya burung kenari itu langsung berjodoh,,jangan langsung tergesah gesah dalam menjodohkan burung kenari ada beberapa tips yang saya peroleh yaitu :
Dengan adanya proses penjodohan (menaruh kandang kenari secara berdampingan), maka kita dapat mengetahui kesiapan kenari untuk dikawinkan. Jika kedua kenari tidak cocok kita masukkan dalam satu sangkar, maka kedua kenari tersebut akan berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara kedua kenari berlangsung lama dan salah satu kenari kalah, maka kita akan kesulitan dalam menjodohkan kedua kenari tersbut kedepannya. Apalagi jika kenari yang kalah adalah kenari jantan, maka si jantan akan trauma dan tidak berani mendekat pada betina. Bisa dibilang kalau terjadi hal seperti itu, maka penjodohan kenari kita gagal 70% untuk kedepannya.

Ingat juga Fakto Usia burung kenari anda :
Usia burung kenari menjadi salah satu faktor yang penting dalam memulai budidaya kenari. Pada umumya indukan yang sudah siap di kawinkan untuk kenari jantan berumur sekitar 8 bulan sedangkan untuk indukan burung kenari betina kira-kira berumur 6 bulan. Jadi anda harus tau kapan kenari siap untuk di kawinkan karena bila usia kenari terlalu muda untuk di kawinkan akan mempengaruhi kualitas anakan yang di hasilkan.

Agar kenari anda dapat segera biraih yang menandakan agar cepat terjadi perjodohan dan kawin yang perlu anda lakukan adalah :
Burung kenari kita perbanyak makanannya dengan pakan kenari yang bergizi tinggi, misal telor puyuh, multivitamin dan lain lain. Kita jemur burung kenari kita setiap pagi hari, karena matahari pagi sangat baik untuk kesehatan dan menurunkan tingkat stress burung. Pada saat menjemur, kita usahakan kita dekatkan terus dua kenari yang sedang dijodohkan. Jika kita mempunyai kenari jantan yang lain, sekali sekali boleh kita jemur bersama dengan jantan lainnya, tujuannya agar birahi kenari betina dapat meningkat.

Cari tempat yang baik untuk meletakan kandang ternak :
Sebaikya tempatkan sangkar burung kenari menempel di dinding hal ini bertujuan agar sangkar tidak goyang-goyang. Tempatkan sangkar di tempat yang teduh dan jauh dari keramaian agar saat kenari mengerami telurnya tidak merasa terganggu. Tempatkanlah sangkar di daerah yang aman dari gangguan semut atau pun serangga.

Bila anda sudah mencapai tahapan diatas anda akan bersiap siap menyediakan pelaminan untuk Burung kenari :
Proses terakhir dan paling menarik adalah proses ternak kenari. Caranya yaitu dengan menyatukan kedua kenari (jantan dan betina) ke dalam satu sangkar. Namun, dalam akhir proses budidaya kenari ini tetap ada resiko kegagalan meskipun prosentase nya rendah. Ada beberapa hal yang perlu kita cermati. Diantaranya ciri kenari yang siap ternak.
Ciri - ciri kenari siap ternak (sukses dan jodoh) :
Saat kenari jantan didekatkan dengan kenari betina, maka jantan akan terlihat mengejar/menabrak kandang ternak kenari dengan bunyi yang keras, sedangkan kenari betina akan menggelepar-geleparkan sayap, itu adalah pertanda bahwa si betina siap dan minta dikawinkan. Kemudian pada sore hari menjelang tidur, kedua kenari tersebut akan tidur berdekatan. Kadang - kadang kenari betina dan jantan akan terlihat saling meloloh makanan. Jika didalam sangkar kenari betina kita beri sarang beserta isinya, maka kenari betina akan rajin merapikan sarang. Jika isi sarang sudah disusun itu berarti si kenari betina siap ternak.

Akhirnya saya ucapakan selamat pada anda yang berhasil menjodohkan Burung Kenari dan selamat Beternak Kenari :)

Semoga Postingan Ini Bermanfaat😇

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter